A blog filled with love between Mela and Ambar, Fira and Adam, Ambar with Fira, Ambar with Adam, Mela with Fira, Mela with Adam and the rest of their world.

Friday, December 15, 2006

Sholat Jum'at Pertamaku Di Dalian, China

Tadi siang, Ebak pergi ke masjid untuk Sholat Jum'at. Ya, ini kan Sholat Jum'at Ebak yg pertama di sini, jadi harus dilaporkan. Cuma sayang Ebak nggak bawa kamera, kelupaan ! Jadi siaran pandangan mata aja ya. :))

Dengan taksi, Ebak, Shajith dan Qi Jian (orang cina asli, Muslim) pergi ke Masjid. Di perjalanan, Ebak udah takut aja, jangan-jangan air untuk wudhunya dingin. Brrrrrr udah kebayang dinginnya. Tapi karena takut salah, Ebak diam aja, nggak berani nanya.
Sesampai di masjid, kita langsung menuju ke tempat wudhu, setiap kali berpapasan dng orang, mereka selalu mengucapkan salam sambil tersenyum dan ngajak salaman. Wah, Ebak senang sekali, orang-orangnya ramah-ramah. Atau bisa jadi mereka aneh dng kombinasi group bertiga ebak, Ebak yg wajahnya kayak cina tapi bukan cina, Shajith yg orang India kayak bintang film Bollywood, besar tinggi kayak raksasa dan Jian yg kecil dan cina asli. Tapi nggak kok, mereka emang ramah-ramah.

Masuk ke ruangan wudhu yg tertutup, Ebak lihat banyak orang yg sedang ngambil wudhu sambil duduk di bangku panjang. Mereka masih pake sepatu, tapi nggak pake jaket tebalnya lagi. Ebak perhatikan mereka, selesai telinga, mereka akan berhanduk dulu untuk ngeringin air yg di muka tangan dan kepala, kemudian mereka buka sepatu kananya, terus cuci kaki kanannya. Setelah itu mereka handuk kaki kanannya dan pake kaos kai dan sepatu lagi. Terus buka sepatu kiri, cuci, handuk dan pake lagi.
Terus, Ebak mulai deh ngambil wudhu, sayang ebak nggak bawa handuk. Jadi minggu depat Ebak akan bawa handuk deh. Ebak ikutan cara mereka semuanya. Mungkin ini cara mereka biar nggak kedinginan. Oh ya, Ebak lupa, air untuk wudhu nya adalah air anget. Jadi Ebak nggak takut kedinginan lagi.

Selesai wudhu, Ebak naik ke lantai 3 di mana ruang sholatnya berada. Masuk ke masjid, sepatu harus dibuka, tapi kaos kaki nggak harus. Karena suhu didalam masjidnya lumayan dingin, maka hampir semua orang masih memakai jaket tebalnya termasuk Ebak.
Waktu khutbah, bahasa yg digunakan Bahasa Mandarin. Tapi ayat Alqur'an nya tetap dibaca dng bahasa arab, bukan diterjemahin. Tapi kalo nggak didengerin bener-bener, pada saat imam melantunkan ayat Alqur'an terdengar seperti sedang nyanyiin lagu mandarin. Mungkin karena udah logat mereka ya.
Waktu sholat juga, lagu dan lafaz (pronounciation) nya berbeda sekali dengan kita di Indonesia, sehingga Ebak sulit mengenali ayat apa yg sedang dibaca oleh Imam.
Selesai sholat, Ebak nongkrong sebentar di luar masjid, Ebak sempat ketemu dng orang Saudi Arabia, Nigeria dan black muslim. Sempat ngobrol bentar sih.
Setelah semuanya ngumpul, Ebak dan kawan-kawan kembali ke kantor untuk kerja lagi.

3 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Hwaduuuh... tenkyu tenkyu Bang buat ceritanya. Coba Bang, minta tolong minggu depan kalu sholat Jumat lagi... Tanyain kalo-kalo ada yang kenal sama kakek canggah mas Iwan di sana.

Hiihihi...

Sapa tau aja kaan, ternyata om Qi Jian itu sodara. Hehehhe...

11:52 PM  
Blogger Mel said...

waks! bininya malah keduluan Hany ;))

Pokoknya nagih foto mesjid ama foto salju!
Dan kudu ada Abang di fotonya! :)

Baby, you're not bad at telling story, tapi tolong2 males banget ya mbenerin typonya :))

7:51 AM  
Blogger Imperfect Angel said...

You sound like your having fun!Jangan lupa ya bawa handuk.


princess.

8:33 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home